5 Cara Merubah Siswa yang Benci Suatu Pelajaran Menjadi Suka dengan Pelajaran Tersebut


Ada siswa yang tidak suka dengan pelajaran Anda? Terkadang ada saja siswa yang tidak suka atau tidak bersemangat mengikuti mata pelajaran tertentu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor internal atau eksternal. Sebagai seorang guru, kamu harus mencari cara bagaimana agar siswa tersebut kembali bersemangat sehingga dia bisa memahami setiap penjelasan dan mengerjakan tugas yang diberikan padanya dengan baik.

Bagi yang memiliki siswa tidak suka dan tidak semangat terhadap mata pelajaran tertentu, jangan khawatir karena ada tips tertentu yang bisa Anda terapkan untuk membuat siswa tersebut senang dan bersemangat mengikuti pelajaran Anda.

Solusi Agar Siswa Suka dengan Pelajaran Tertentu

Untuk membuat siswa tersebut suka dan mau mengikuti pelajaran tertentu memang tidak mudah. Namun dengan mengikuti cara-cara di bawah ini, kamu bisa membuatnya tertarik terhadap pelajaran tersebut.

1. Ketahui Penyebabnya

Tips pertama yang harus kamu terapkan agar siswa suka dengan pelajaran tertentu adalah dengan mengetahui penyebabnya. Seperti yang telah kami jelaskan bahwa kemungkinan penyebabnya berasal dari faktor internal atau eksternal. Di sinilah peran guru untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Anda bisa mendekati siswa tersebut dan mengobrol langsung padanya. Anda tidak perlu harus langsung menanyakan penyebabnya. Cobalah berbasa-basi terlebih dahulu dengan menghadirkan sebuah obrolan yang membuat siswa tersebut merasa nyaman ketika berbicara. Ketika dia sudah nyaman serta tidak merasa tertekan, sekarang waktunya Anda memulai menanyakan apa yang menjadi sebab dia tidak suka pelajaran tersebut.

Hindari untuk langsung memberikan solusi langsung kepada siswa tersebut. Namun di sini Anda perlu mengajaknya berdiskusi sehingga membuatnya menyadari konsekuensi apa yang menantinya jika masih tidak suka dengan pelajaran tersebut. Dengan cara ini, bahkan dia akan berpikir sendiri tentang bagaimana agar dia bisa kembali suka dan semangat seperti teman-temannya yang lain.

2. Mencari Cari Seputar Gaya Belajar


Kemungkinan siswa yang tidak suka serta kurang bersemangat mengikuti pelajaran karena dia membutuhkan gaya belajar yang tidak sama dengan teman-temannya. Bisa jadi gaya belajar tersebut malah tidak disukai oleh kebanyakan siswa di kelas tersebut. Misanya gaya belajar guru yang hanya berisi penjelasan saja sehingga membuat siswa menjadi bosan dan akhirnya tidak memperhatikan penjelasan guru.

Maka dari itu, guru harus introspeksi apakah gaya belajar yang selama ini dia terapkan sudah sesuai dengan karakter siswa di kelas tersebut atau tidak. Jika merasa gaya belajarnya kurang tepat, di sinilah waktunya untuk mencari referensi tentang gaya belajar yang juga bisa kamu terapkan. Kamu juga bisa berdiskusi dengan guru lain tentang gaya belajarmu saat ini, kondisi siswa, serta gaya belajar yang cocok untuk siswa tersebut.

3. Membuat Suasana Kelas yang Nyaman

Tips ketiga yang juga efektif untuk membuat siswa suka dengan pelajaran tertentu adalah dengan menghadirkan sebuah kelas yang memiliki suasana yang nyaman. Kamu bisa mulai menata kelas untuk memberikan suasana yang berbeda. Misanya dengan mengatur bangku yang biasanya menghadap ke papan tulis, kamu ubah posisinya menjadi melingkar. Dengan begitu, siswa tersebut akan lebih fokus pada pusat lingkaran dan di sinilah guru tersebut yang akan menjadi pusat dari siswa tersebut.

4. Mengubah Metode Belajar

Selain gaya belajar, salah satu penyebab siswa bosan di kelas karena metode belajar yang diterapkan guru yang dianggap membosankan. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak metode pembelajaran yang bisa digunakan. Setiap metode pembelajaran tersebut hadir dengan tujuan dan kelebihan yang berbeda-beda.

Bisa jadi metode belajar yang sekarang kamu terapkan masih kurang menarik bagi siswa. Jadi, kamu perlu mencari mana metode belajar yang paling sesuai sehingga membuat mereka nyaman dan aktif di kelasmu. Ada banyak metode belajar yang bisa kamu terapkan. Tinggal kamu memilih mana metode yang memang paling cocok diterapkan kepada mereka. Dengan begitu, pembelajaran pun akan berlangsung lebih menarik dan tidak membosankan.

5. Rencanakan Study Tour

Terkadang siswa yang bosan di kelas karena mereka menginginkan refreshing. Jadi kamu perlu merencanakan study tour di awal atau akhir semester. Pastikan kamu merencanakannya jauh-jauh hari agar para siswa juga bisa lebih siap, terutama berkaitan dengan biaya perjalanan.

Selain itu, pastikan bahwa tempat study tour yang akan kamu kunjungi masih berhubungan dengan materi yang kamu ajarkan. Kamu juga bisa mencari lokasi yang dekat dengan sekolah agar biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Selain refreshing, manfaat dari study tour adalah untuk semakin membuat para siswa paham mengenai materi yang kamu ajarkan.

Hal ini karena mereka bisa praktek dan melihatnya secara langsung. Kamu juga bisa memberikan tugas yang masih berkaitan dengan study tour tersebut. Misalnya membuat tugas tentang apa yang mereka pelajari atau kesan mereka selama berada di lokasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel